Tips dan Trik Graphic Design yang Bisa Anda TerapkanSebagai pemula, Anda mungkin masih belum mahir dalam menghasilkan graphic design. Hal ini karena desain yang sudah dibuat masih belum terlihat profesional dan menarik sesuai harapan. Tetapi jangan risau karena saat ini ada banyak tips dan trik untuk diterapkan.

Dengan begitu, graphic design yang dibuat tersebut dapat terlihat lebih profesional walaupun Anda belum memiliki banyak pengalaman di bidang ini. Sebagai pemula, maka penting untuk membuat desain yang sederhana. Selain itu, terapkan juga beberapa tips dan triknya di bawah ini:

1. Lakukan Riset
Sebelum membuat desain, sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Yaitu terkait seluruh aspek yang diperlukan. Baik itu berupa konsep desain, materi, aplikasi atau tools, hingga teknik yang akan digunakan.
Dengan melakukan riset yang tepat, pastikan akan membantu Anda dalam menghasilkan desain yang lebih bagus. Tentu saja membuat graphic design tersebut akan lebih maksimal dan terjamin hasilnya sesuai dengan keinginan.

2. Kumpulkan Banyak Desain sebagai Inspirasi
Tidak ada salahnya juga apabila Anda mengumpulkan banyak desain sebagai inspirasi. Pilih saja desain orang lain yang terlihat menarik. Terlebih saat ini sangat mudah menemukan desainnya seperti di Pinterest.

Dengan begitu, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai inspirasi sebelum membuat karya sendiri. Hal ini berarti secara tidak langsung seseorang dapat menginspirasi desain di masa depan nantinya untuk karya yang lebih bagus.

3. Tentukan Gaya Desain
Graphic design terdiri dari berbagai macam gaya. Baik itu seperti logo, ilustrasi, tipografi, dan masih banyak lagi lainnya. Tentukan salah satu gaya yang paling Anda suka dan kuasai. Dengan begitu, seseorang akan memiliki ciri khas tersendiri.

Terlebih, gaya desain tersebut juga akan mempengaruhi seorang desainer setiap mereka membuat sebuah karya. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan gaya desainnya terlebih dahulu. Tentu tidak akan bingung saat ingin membuat desainnya.

4. Manfaatkan Color Palette
Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan memanfaatkan color palette. Yaitu sekumpulan warna yang disusun serta dipadupadankan sampai akhirnya menghasilkan kombinasi warna yang paling sesuai.

Kebanyakan desainer sendiri memakai color palette tersebut untuk menjaga identitas dari desain mereka. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi seperti Adobe Color untuk mendapatkan palet warna yang bagus dan menarik.

Tips dan Trik Graphic Design yang Bisa Anda Terapkan

5. Kombinasikan Warna Sebaik Mungkin
Sangat penting bagi Anda untuk mengombinasikan warna dengan tepat. Pasalnya, menggunakan warna terlalu banyak hanya akan menjadikan desain tersebut kurang menarik dilihat. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal apabila ingin memilih warnanya.

Anda dapat memilih warna yang mempunyai 1-3 warna primer. Sedangkan tambahan lainnya yaitu 1-3 warna sekunder. Tentu warna-warna yang dipilih tersebut dapat saling melengkapi satu dengan lainnya.

6. Pilih Font yang Cocok
Usahakan juga memilih jenis font dengan baik. Pastikan cocok untuk digunakan di dalam desain yang sudah Anda buat. Hindari menggunakan jenis huruf yang terlalu banyak jika memang hanya menyebabkan orang lain kesulitan untuk membacanya.

Pastikan Anda memilih jenis font yang efektif, sederhana, serta yang paling penting adalah mudah dibaca. Terapkan hal ini saat ingin membuat heading, subtitle, hingga teks body pada graphic design tersebut. Tentu hasil desainnya akan lebih maksimal.

7. Perhatikan Jaraknya
Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan jarak antar teks dan antar elemen yang digunakan dalam sebuah graphic design. Pastikan membuat komposisi yang seimbang dengan jarak yang tepat agar hasilnya lebih bagus.

Pasalnya, kehadiran jarak tersebut berfungsi sebagai aturan yang dapat membantu para desainer untuk menyeimbangkan setiap elemen yang digunakan. Kemudian berfungsi juga untuk menjaganya agar tetap selaras serta dapat melengkapi satu sama lainnya.

8. Terima Kritik Maupun Saran
Sangat penting bagi Anda untuk sesekali memamerkan desain kepada orang lain. Setelah itu, jangan ragu untuk meminta kritik dan saran dari mereka. Tentu saja hal ini sangat membantu para desainer untuk terus berkembang.

Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk mengetahui gaya graphic design seperti apa yang saat ini sedang diminati oleh banyak orang. Dengan begitu, seorang desainer juga bisa mendapatkan inspirasi saat ingin membuat karya selanjutnya.

9. Teruslah Konsisten
Apabila Anda sudah menerapkan beberapa tips dan triknya di atas, maka pastikan selalu konsisten. Pertimbangkan berbagai hal penting tersebut setiap ingin membuat desain. Ikuti juga aturan yang sudah dibuat sebelumnya agar dapat menghasilkan desain yang konsisten.

Dalam hal ini, cobalah untuk membuat aturan mengenai jarak antar elemen. Hal ini sangat penting agar Anda memiliki citra desain yang konsisten dari waktu ke waktu. Tentu saja karya graphic design tersebut akan lebih mudah dikenali para penggemar nantinya.

10. Selalu Menjaga Orisinalitas
Terakhir, Anda perlu menjaga orisinalitas dari setiap karya graphic design tersebut. Salah satunya adalah dengan mendorong kreativitas diri sendiri agar bisa menghasilkan karya-karya terbaik dan pastinya beda dari lainnya. Tentu hal ini akan lebih membanggakan diri sendiri.

Anda bisa mengombinasikan warna maupun tipografi untuk menghasilkan graphic design yang lebih baru tetapi tetap original buatan sendiri. Tidak ada salahnya juga apabila ingin mengikuti trend design saat ini agar karya terlihat modern.

Kini Anda bisa memulai untuk menerapkan beberapa tips dan trik graphic design di atas. Tentu informasi tersebut sangat membantu bagi para pemula apabila ingin menghasilkan desain yang bagus. Jangan ragu untuk terus berlatih agar nantinya dapat menjadi desainer yang profesional.