Site Loader
Software Pemodelan 3D Blender dalam Desain Grafis

Keunggulan Software Pemodelan 3D Blender dalam Desain Grafis – Tahukah Anda apa itu blender? Tentunya blender yang dimaksud disini bukanlah alat yang digunakan untuk menghaluskan bahan makanan. Blender adalah perangkat lunak open source yang digunakan untuk memproses grafik komputer dalam 3 dimensi. Blender dapat digunakan untuk pemodelan 3D, animasi 3D, dan juga efek khusus 3D.

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan software pengolah grafis 3D lainnya, seperti 3DSMAX, MAYA, Cinema4D, atau AutoCAD. Namun software tersebut disebutkan memiliki kekurangan berupa harga yang mahal jika ingin digunakan secara legal. Blender sendiri merupakan solusi bagi orang yang tidak mampu membeli software ini secara legal.

Manfaat Menggunakan Perangkat Lunak Blender untuk Desain Grafis

Walaupun blendernya open source, bukan berarti software ini kalah dengan software sejenis yang berbayar. Software ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis langsung di situs resminya, www.blender.org. Rata-rata setiap bulannya software ini selalu mengeluarkan versi terbaru. Setiap versi baru yang dirilis selalu memiliki alat baru dengan bug tetap. Perkembangan blender ini sangat pesat karena sudah banyak developer handal yang terlibat dalam pengembangan blender.

Para pengembang ini tergabung dalam komunitas terbuka yang tersebar di seluruh dunia. Selain open source, blender juga tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi untuk menjalankannya. File instalasi berukuran kecil sehingga dapat diinstal tetapi juga dapat dijalankan secara portabel. Sekitar 40MB sebelum diinstal dan 150MB setelah diinstal. Ukuran file kecil ini sangat berbeda dari perangkat lunak serupa, yang penginstalannya memerlukan sekitar 2 hingga 3 GB ruang hard disk.

Tentu masih lebih banyak keuntungan menggunakan blender untuk membuat desain. Versi terbaru Blender telah mendukung Graphic Processor Unit (GPU) – komputasi CUDA. CUDA adalah metode komputasi pada kartu grafis untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan dan kinerja grafis. Jika blender mendeteksi GPU yang mendukung CUDA, maka proses rendering GPU akan dilakukan. Hasilnya rendering lebih cepat dan dapat menghasilkan gambar yang lebih detail dan tajam.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh blender adalah mampu memprogram permainan. Kemampuan ini merupakan salah satu kelebihan dari blender yang sangat unik. Blender dapat memprogram permainan menggunakan skrip bahasa pemrograman Python. Blender menyediakan antarmuka profesional untuk memprogram game. Selain itu, blender juga menyediakan kebutuhan programmer game 3D untuk membuat game lebih cepat.

Oleh karena itu, Blender menyediakan fasilitas Game Logic berupa berbagai alat yang siap digunakan untuk langsung diaplikasikan di dalam game. Meski begitu ada satu hal yang menjadi kekurangan blender. Harus diakui bahwa fitur blender tidak selengkap software berbayar. Jika ingin melengkapi fitur-fiturnya, maka sebaiknya cari sendiri plugin yang terdapat di situs https://multibet88.online ataupun di internet.

Facebooktwitterpinterestlinkedinmail

Gammag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!