Skip Navigation to Content
Uncategorized

Jenis Profesi Seorang Grapich Design

Gammag | April 17th-2021 | No Comments
HomeUncategorized

8 Jenis Profesi Seorang Grapich Design

Kemampuam untuk menggunakan perangkat design kini menjadi kebutuhan di dunia kerja. Karena banyak sekali perusahaan yang membutuhkan keahlian semacam ini untuk meningkatkan kinerja perusahaannya. Meskipun peluang pekerjaan grapich design begitu luas,masih banyak orang yang beranggapan bahwa kehlian ini hanya bisa bekerja di satu jenis pekerjaan saja.
Padahal kenyataannya lebih dari itu, seorang yang memiliki keahlian grapich design memiliki peluang bekerja di berbagai jenis proyek yang berhubungan dengan design. Berikut adalah 8 jenis profesi seorang grapich design.

  1. Desain Identitas Merek
    Mendesain merek suatu perusahaan tidak hanya sebatas membuat logo saja, namun masih banyak hal-hal yang perlu dikerjakan oleh seorang desain identitas merek. Profesi ini merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena berperan dalam memvisualisasikan produk dari perusahaan tersebut.

Pekerjaan yang dilakukan oleh seorang desain identitas merek diantaranya seperti menentukan jenis gambar yang digunakan perusahaan, menentukan palet warna, menentukan topografi, dan menentukan visualisasii dari elemen lainnya.

  1. Desain Pemasaran dan Periklanan
    Bekerja di bagian pemasaran dan periklanan seorang design di tuntut untuk bisa menganalisa pasar dan perilaku pembeli, sehingga dapat menetukan deain promosi yang menarik bagi konsumen. Sebenarnya baik produk iklan cetak maupun online tetap memerlukan jasa dari desain pemasaran dan iklan. Pekerjaan yang merupakan tugas dari profesi ini antara lain iklan cetak & digital, spanduk, grafis media sosial, brosur & poster,serta email pemasaran.
  2. Desain Kemasan
    Dalam akhir pembuatan produk adalah pengemasan, kemasan selain berfungsi sebagai pelindung produk juga berfungsi sebagai daya tarik dan penyampaian informasi mengenai produk. Disinilah seorang desain kemasan berperan untuk membuat kemasan yang semenarik mungkin namun tetap menunjukkan identitas produk. Seorang desainer dibudang ini dituntut mahir dalam pemilihan teori warna, tipografi, dan aturan penulisan informasi.
  3. Desain Antarmuka Web
    Untuk menjadi desainer web, seorang grapich desain harus memahami tentang prinsip-prinsip dasar desain dan dasar-dasar pengkodean. Konten web design seperti website judi bola juga memiliki pengkodean dan ide yang berbeda dengan web tema yang lain dan walapun tidak sepenuhnya melakukan pengkodean website, namun menemukan ide tentang desain suatu web lebih penting dibutuhkan dalam sebuah tim pengelola website.
  4. Desain Cetak & Publikasi Desainer
    Menjadi seorang desainer cetak memang sudah ada sejak dulu, namun pada era sekarang kemampuan ini masih banyak dibutuhkan di perusahaan cetak. Profesi ini memerlukan keahlian dalam memilih teori warna yang baik dan tipografi yang tepat. Serta dapat menganalisa jenis gambar apa yang dapat bekerja di produk cetak.
  5. Desain Huruf
    Jika memperhatikan nama perusahaan ditulis dengan font huruf yang khas, maka hal tersebut adalah hasil kerja dari desainer huruf. Dengan membuat tipe tulisan yang khas dapat menunjukkan identitas perusahaan tersebut. Desainer jenis ini harus mengerti tentang tipografi, membuat huruf yang mudah terbaca dan menarik jika orang lain melihatnya.
  6. Ilustrasi Grafis
    Banyak perusahaan yang kini mempromosikan produknya melalui media sosial, sehingga seorang ilustator grafis sangat diperlukan. Ilustrator grafis memliki tugas untuk membuat gambar secara digital yang nanti akan digunakan untuk ilustrasi konten digital. Selain itu profesi ini juga bertugas untuk produk digital, majalah, buku, atau artikel blog.
  7. Visualisasi Data & Desain Infografis
    Profesi yang satu ini memerlukan keahlian dalam membaca dan memahami data serta selanjutnya menyajikannya dalam bentuk yang mudah dimengerti. Oleh karena itu setidaknya seorang visualisasi data sudah mempelajari ilmu tentang data.
Facebooktwitterpinterestlinkedinmail

Leave a Reply