Skip Navigation to Content
Galeri
Informasi

Inilah 10 Macam Spesialisasi Desainer Grafis yang Perlu Anda Ketahui

Gammag | April 7th-2021 | No Comments
HomeGaleri, Informasi

Apakah anda pernah mendengar istilah desain grafis? Atau Anda mungkin pernah menggunakannya di website maupun untuk keperluan-keperluan lainnya. Nah ternyata desain grafis itu merupakan sebuah bidang yang memiliki cabang spesialisasi yang berbeda-beda loh. Setidaknya terdapat 10 macam desainer grafis dengan tugas dan keahliannya masing-masing. Berikut uraiannya.

  1. Desainer Periklanan
    Disebut juga sebagai advertising designer, desainer ini berfokus untuk mendesain karya visual yang akan digunakan dalam promosi dan periklanan. Jenis desainer ini biasanya memahami cara melakukan marketing melalui media visual dan mampu melakukan persuasi kepada target audiens.
  2. Desainer Identitas Visual
    Selain membuat atau menggambar sebuah logo, desainer identitas visual juga mampu menciptakan sebuah branding yang kuat dari gambar-gambar visual yang ia hasilkan. Desainer ini juga biasanya akan menciptakan ikon, maskot, packaging, gaya desain sebuah brand dan visual-visual lain yang mampu mengingatkan audience akan sebuah brand.
  3. Desainer Gambar Bergerak
    Desainer gambar bergerak atau motion graphic merupakan seorang desainer yang mengolah elemen-elemen grafis untuk kemudian diberikan sentuhan tertentu agar elemen tersebut dapat bergerak. Output dari desainer ini biasanya berbentuk video.
  4. Desainer Animasi
    Seorang desainer animasi memiliki keahlian dalam menciptakan animasi. Dalam hal ini, jenis-jenis animasi seperti 2D, 3D, VR, ataupun berbagai jenis game memerlukan desain karakter, aset grafis, dan tekstur. Ketiga hal tersebut diciptakan oleh seorang desainer animasi.
  5. Desainer Ilustrator
    Desainer ilustrator memiliki keahlian dalam membuat dan mengisi visual-visual penjelas dalam sebuah konten. Karena orang-orang pada umumnya lebih menyukai sebuah gambar visual, hal inilah yang kemudian menginspirasi adanya spesialisasi desainer ilustrator untuk mendukung elemen tulisan dengan ilustrasi gambar atau video yang lebih menarik.
  6. Desainer Layout
    Desainer layout memiliki fokus dalam segala hal yang berkaitan dengan tata menata elemen-elemen visual. Desainer ini biasanya banyak berkarier di dunia penerbitan dan percetakan. Output yang dihasilkan seorang desainer layout dapat berupa layout buku, majalah, album foto, maupun dalam hal tata menata cetak digital.
  7. Desainer Tipografi
    Selanjutnya desainer tipografi memiliki keahlian dalam menciptakan, mengolah, dan mengatur sebuah tipografi. Merupakan cabang keahlian desainer yang sangat spesifik, desainer ini biasanya akan lebih berfokus pada tipografi itu sendiri.
  8. Desainer User Interface (UI)
    Desainer User Interface merupakan seseorang yang tugasnya adalah menciptakan suatu bentuk atau sistem antarmuka umum dalam suatu aplikasi maupun pada website. Desainer ini fokus untuk menciptakan sebuah elemen grafis yang dapat menarik minat dan perhatian pengguna agar betah dalam melihat tampilan visual website atau sebuah aplikasi digital.
  9. Desainer User Experience (UX)
    Desainer ini akan bekerja sama dengan desainer UI desainer dalam mengolah sebuah elemen grafis antarmuka. Hanya saja, desainer UX lebih berfokus untuk melakukan riset terhadap pengalaman pengguna dalam menggunakan sebuah aplikasi atau website.
  10. Desainer Full Stack
    Full stack designer adalah istilah baru yang merujuk pada seseorang yang memiliki banyak keahlian di bidang desain grafis. Desainer ini merupakan gabungan dari desainer UI, desainer UX, dan juga seorang front end developer. Desainer ini, di samping memiliki kemampuan mendesain dan melakukan riset, juga menguasai coding, seperti CSS dan html misalnya. Desainer full stack mampu membuat sebuah aplikasi atau website dari nol.
    Demikianlah spesialisasi yang bermacam-macam dari bidang desain grafis. Keahlian-keahlian tersebut saat ini dibutuhkan dalam bidang yang bermacam-macam, seperti seni, industri, dan sebagainya.
Facebooktwitterpinterestlinkedinmail

Leave a Reply