Ini Dia Berbagai Profesi untuk Kamu yang Berkuliah Desain Grafis – Peluang kerja bagi kamu yang mengambil jurusan desain grafis di perkuliahan saat ini semakin banyak, seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin sering menggunakan konten bermuatan desain grafis. Ini dia peluang profesi bagi kamu yang berkuliah desain grafis.

1. Art Director
Desainer grafis satu ini membutuhkan kreativitas yang tinggi karena tugasnya membuat desain yang bermuatan efek visual yang tinggi yang berfungsi estetika. Art director biasanya bekerja di industri perfilman, menjadi seorang seniman visual, dan seorang foto editor effect. Aplikasi yang digunakan biasanya Photoshop, Corel Draw, Photopaint, dan Art Creator.

2. Fotografer
Seorang fotografer selain harus memiliki kemampuan dalam mengambil foto juga harus memiliki skill editing yang baik dan menyesuaikan tema foto dan suasana foto. Seorang fotografer dalam mengedit foto biasanya menggunakan Photoshop, Ieworks, dan Photo Studio.

3. Animator
Pekerjaan sebagai animator membutuhkan skill menggunakan perangkat animasi yang tinggi. Seorang animator harus bisa memadukan grafis dari berbagai perspektif, sehingga membutuhkan juga inteligensi yang tinggi. Biasanya seorang animator menggunakan aplikasi 3D Maya, GIF Animator, Adobe Flash, After Effects, Macromedia, dan Corel Rave. Banyak pertelevisian dan perfilman yang membutuhkan jasa animator.

4. Video Editor
Selain bertugas mengedit video, seringkali seorang video editor juga bertugas melakukan shooting, sehingga ia juga harus memiliki skill pengambilan gambar dari angle yang baik dan berbagai perspektif. Biasanya aplikasi yang digunakan video editor adalah Adobe After Effects, Adobe Premiere, Ulead Video Studio, Pinneacle, Sony Vegas, dan 3D Maya. Industri musik dan hiburan membutuhkan jasa seorang video editor.

5. Integrated Desainer
Integrated desainer bertugas untuk membuat desain interaktif, seperti desain game, desain web, desain CD interaktif, dan lain sebagainya. Seorang integrated desainer harus bisa menguasai semua elemen desain. Integrated desainer bekerja di bidang industri informatika.

6. Editor
Editor bertugas membuat sampul, banner, brosur, pin, logo, poster, dan lain sebagainya. Desainer grafis dari website biasanya menggunakan aplikasi pendukung seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Freehand, dan Corel Draw. Posisi editor berperan penting dalam periklanan dan publikasi sebuah perusahaan atau industri.

7. Drafter
Drafter berfokus pada desain arsitektur dan rancangan bangunan atau ruang untuk membuat desain yang simetris. Drafter membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi dan kemampuan merancang sesuatu. Biasanya drafter menggunakan aplikasi Autocad, 3D Revit Architecture, dan Archicad.

8. Layouter
Desainer tata layout atau layouter bisa bekerja di perusahaan media seperti koran, majalah, atau media publikasi lainnya, baik cetak maupun digital. Layouter bertugas untuk menentukan tata letak konten agar enak dilihat. Umumnya layouter menggunakan aplikasi Adobe In Design, Ms Publisher, dan Adobe Page Maker.

[wpspw_post show_full_content=”true”]

Facebooktwitterpinterestlinkedinmail