Ini Dia Berbagai Profesi untuk Kamu yang Berkuliah Desain Grafis – Peluang kerja bagi kamu yang mengambil jurusan desain grafis di perkuliahan saat ini semakin banyak, seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin sering menggunakan konten bermuatan desain grafis. Ini dia peluang profesi bagi kamu yang berkuliah desain grafis.

1. Art Director
Desainer grafis satu ini membutuhkan kreativitas yang tinggi karena tugasnya membuat desain yang bermuatan efek visual yang tinggi yang berfungsi estetika. Art director biasanya bekerja di industri perfilman, menjadi seorang seniman visual, dan seorang foto editor effect. Aplikasi yang digunakan biasanya Photoshop, Corel Draw, Photopaint, dan Art Creator.

2. Fotografer
Seorang fotografer selain harus memiliki kemampuan dalam mengambil foto juga harus memiliki skill editing yang baik dan menyesuaikan tema foto dan suasana foto. Seorang fotografer dalam mengedit foto biasanya menggunakan Photoshop, Ieworks, dan Photo Studio.

3. Animator
Pekerjaan sebagai animator membutuhkan skill menggunakan perangkat animasi yang tinggi. Seorang animator harus bisa memadukan grafis dari berbagai perspektif, sehingga membutuhkan juga inteligensi yang tinggi. Biasanya seorang animator menggunakan aplikasi 3D Maya, GIF Animator, Adobe Flash, After Effects, Macromedia, dan Corel Rave. Banyak pertelevisian dan perfilman yang membutuhkan jasa animator.

4. Video Editor
Selain bertugas mengedit video, seringkali seorang video editor juga bertugas melakukan shooting, sehingga ia juga harus memiliki skill pengambilan gambar dari angle yang baik dan berbagai perspektif. Biasanya aplikasi yang digunakan video editor adalah Adobe After Effects, Adobe Premiere, Ulead Video Studio, Pinneacle, Sony Vegas, dan 3D Maya. Industri musik dan hiburan membutuhkan jasa seorang video editor.

5. Integrated Desainer
Integrated desainer bertugas untuk membuat desain interaktif, seperti desain game, desain web, desain CD interaktif, dan lain sebagainya. Seorang integrated desainer harus bisa menguasai semua elemen desain. Integrated desainer bekerja di bidang industri informatika.

6. Editor
Editor bertugas membuat sampul, banner, brosur, pin, logo, poster, dan lain sebagainya. Desainer grafis dari website biasanya menggunakan aplikasi pendukung seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Freehand, dan Corel Draw. Posisi editor berperan penting dalam periklanan dan publikasi sebuah perusahaan atau industri.

7. Drafter
Drafter berfokus pada desain arsitektur dan rancangan bangunan atau ruang untuk membuat desain yang simetris. Drafter membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi dan kemampuan merancang sesuatu. Biasanya drafter menggunakan aplikasi Autocad, 3D Revit Architecture, dan Archicad.

8. Layouter
Desainer tata layout atau layouter bisa bekerja di perusahaan media seperti koran, majalah, atau media publikasi lainnya, baik cetak maupun digital. Layouter bertugas untuk menentukan tata letak konten agar enak dilihat. Umumnya layouter menggunakan aplikasi Adobe In Design, Ms Publisher, dan Adobe Page Maker.

Beberapa Tips yang Berguna Untuk Desain Grafis
Blog Design Informasi Produk Software

Beberapa Tips yang Berguna Untuk Desain Grafis

Beberapa Tips yang Berguna Untuk Desain Grafis – Sekarang kegiatan desain dengan komputer sudah sering dilakukan. Dalam perkembangannya, desain grafis telah berkembang cukup pesat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang juga semakin canggih, desainer grafis terus berinovasi dalam pekerjaan mereka.

Di era modern ini, semuanya tampaknya dilakukan dengan menggunakan teknologi. Karena teknologi benar-benar memiliki banyak manfaat. Selain menyederhanakan pekerjaan, penggunaan teknologi juga dapat mempersingkat waktu kerja. Sehingga Anda dapat menghemat dan menggunakan sisa waktu untuk melakukan hal-hal lain.

Jika Anda ingin mencoba melakukan atau membuat desain secara grafis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena walaupun melakukan desain dengan grafis tidak memiliki pegangan yang ketat, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar desain Anda terlihat bagus dan tidak canggung.

Apa yang harus dipertimbangkan dalam membuat desain grafis?

1, Diskusikan dengan senior
Senior yang dimaksud adalah desainer yang lebih andal dalam mendesain. Mereka akan dengan senang hati membantu orang yang ingin belajar dan mengajukan pertanyaan daripada hanya meminta bantuan dan tidak berterima kasih. Dalam melakukan teknik desain yang terlihat sederhana, di belakangnya ada banyak perjuangan yang dilakukan.

Cara menyesuaikan kontras warna, komposisi bentuk, font yang cocok, semua harus dipikirkan dengan cermat. Bagi mereka yang berpengalaman, mereka biasanya akan mengetahui prestasi yang dibutuhkan dalam merancang lebih baik melalui pengalaman dan waktu kerja mereka. Anda dapat mengambil pengetahuan dari mereka dengan berdiskusi dan berlatih. Jangan malu bertanya.

Tips yang Berguna Untuk Desain Grafis

2. Cari Referensi
Dengan sering membuka situs https://citibet88.club dapat menambah wawasan Anda dalam membuat ide dan konsep dalam membuat karya desain. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diingat bahwa dalam mengambil inspirasi dari karya-karya yang ada masih ada batasan yang harus dipatuhi sehingga mereka tidak dikenakan sanksi plagiarisme.

Gunakan kreativitas Anda dalam mengembangkan ide yang ada karena memang untuk menemukan ide yang benar-benar orisinil akan sangat sulit. Penting untuk tidak meniru sebagian besar elemen dari pekerjaan yang ada. Juga pergi ke tempat-tempat seperti taman kota atau pameran, dan juga tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi juga dapat membawa inspirasi yang dapat digunakan dalam membuat desain.

3. Jadilah kreatif
Meskipun ada aturan yang perlu dipatuhi dalam membuat desain grafis sebenarnya, kadang-kadang dalam membuat karya yang sedikit di atas batas itu tidak akan menjadi masalah selama desain itu bukan masalah resmi. Karena sebenarnya dalam desain grafis tidak ada aturan yang membatasi imajinasi kita.

Berbagai Jenis Desain Grafis yang Wajib Kamu Ketahui
Blog Design Informasi Software

Berbagai Jenis Desain Grafis yang Wajib Kamu Ketahui

Berbagai Jenis Desain Grafis yang Wajib Kamu Ketahui – Dalam kehidupan sehari-hari kamu sering melihat desain, baik itu desain banner di tepi jalan atau di stasiun, desain grafis di media sosial, dan desain grafis yang digunakan untuk konten iklan. Namun tahukah kamu bahwa desain-desain yang kamu lihat di kehidupan sehari-hari bisa terklasifikasi ke dalam beberapa jenis berikut.

  • Desain grafis periklanan atau promosi
    Dalam usaha memasarkan produk atau bentuk bisnis lainnya, sebuah lembaga bisnis atau perusahaan perlu memiliki konten promosi. Bentuk promosi yang efektif adalah melalui desain grafis. Desain grafis periklanan atau promosi memiliki karakter yang eye catchy disertai slogan yang menarik.
  • Motion graphic (grafis gerak)
    Motion grafis adalah penggabungan ilustrasi, fotografi, tipografi, dan videografi yang menunjukkan teknik animasi bergerak. Motion grafis digunakan untuk konten promosi, membuat logo, gif, situs web, iklan, dan lain sebagainya.
  • Desain antar muka (user interface)
    Desain antar muka (user interface) adalah jenis desain yang diterapkan pada aplikasi digital sebagai perantara pengguna dengan sistem operasi. Desain user interface (UI) memiliki fokus pada elemen utama aplikasi seperti opsi menu, tombol navigasi, dan lain sebagainya.
  • Publikasi
    Desain publikasi digunakan untuk memberikan informasi kepada publik mengenai sebuah event, kampanye, atau informasi bersifat pengetahuan. Desain grafis berjenis publikasi biasanya ditemukan dalam media cetak atau media digital, seperti koran, majalah, dan katalog. Desainer yang mendesain untuk publikasi bekerjasama untuk membuat tata letak dan meneliti tipografi.
  • Desain kemasan (packaging)
    Desain yang digunakan untuk kemasan (packaging) harus bisa merepresentasikan pesan yang ingin disampaikan oleh sebuah produk. Desain kemasan digunakan untuk berbagai macam produk, mulai dari produk pakaian, makanan, produk rumah tangga, dan lain sebagainya. Untuk medesain sebuah kemasan, seorang desainer grafis harus bekerja sama dengan divisi marketing sehingga bersesuaian dengan poin promosi yang diinginkan.
  • Desain lingkungan
    Desain lingkungan adalah jenis desain yang diterapkan pada sebuah tempat untuk menimbulkan kesan menarik dan mudah diingat. Desain lingkungan ini bisa berbentuk mural dinding, interior sebuah bangunan atau ruangan, desain museum, dan lain sebagainya.
  • Desain seni dan ilustrasi
    Desain grafis untuk fungsi seni dan ilustrasi lebih berorientasi kepada pengungkapan ekspresi sang desainer. Biasanya desain grafis berjenis seni dan ilustrasi memiliki fungsi rekreasi atau kritik sosial. Desain seni dan ilustrasi juga memiliki karakteristik khusus yang mencerminkan karakter sang desainer sendiri, karena pada desain seni dan ilustrasi tidak terikat elemen-elemen yang ada pada desain bisnis atau promosi.

Desain-desain tersebut di atas adalah jenis-jenis desain yang biasa dibuat para desainer grafis yang memerlukan kreativitas yang dipadukan dengan keahlian menggunakan aplikasi desain.

7 Tren Desain Grafis Tahun 2019
Blog Design Informasi Software

7 Tren Desain Grafis Tahun 2019

7 Tren Desain Grafis Tahun 2019 – Tren desain seperti tren lainnya yang berubah seiring berjalannya waktu. Pada tahun 2019 ini, ada tren-tren desain yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk membuat konten desain grafis. Berikut ini uraiannya.

1. Tipografi
Tren tahun 2019 adalah tren desain yang mengunggulkan tipografi tebal sebagai titik fokus pada sebuah desain. Desain dengan tipografi berkarakter kuat dan tebal digunakan untuk desain iklan atau konten promosi yang ditampilkan dalam waktu singkat, misalnya iklan singkat di media sosial dan banner iklan.

2. Sentuhan Futuristik
Desain dengan sentuhan futuristik ini bisa mendominasi tren beberapa tahun kemudian. Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi zaman yang diyakini sebagai ‘masa depan’ berdasarkan prediksi banyak orang pada tahun 80-an. Desain futuristik ini memiliki ciri khas perpaduan warna yang cerah dan sentuhan desain futuristik yang terlihat menarik.

3. Gradasi warna
Tren gradasi warna mulai ditunjukkan oleh penggunaan jenis desain ini oleh beberapa perusahaan besar pada konten promosi mereka. Gradasi warna dinilai membuat sebuah desain terlihat lebih fleksibel karena bisa dipadukan dengan berbagai latar belakang dari skema warna terang ataupun gelap.

4. Minimalis
Desain minimalis tidak melulu menggunakan warna hitam dan putih. Elemen penting dalam membuat desain minimalis adalah menggunakan grafis seminim mungkin atau mengurangi hal-hal yang tidak terlalu penting dalam desain. Meskipun tren minimalis sempat disaingi oleh tren desain yang menggunakan warna meledak-ledak atau berani, dan juga desain abstrak, namun hal ini malah membuat munculnya tren desain baru.

5. Foto stok asli dengan sentuhan grafis
Tren desain ini muncul berdasarkan keinginan para pengguna desain untuk memunculkan keaslian atau orisinalitas dan otentitas brand. Foto stok asli menimbulkan kesan asli yang nyata. Dari sini juga Anda bisa melihat tingkat kemampuan seoarng desainer, apakah ia mampu memunculkan konsep baru dan tidak mainstream.

6. Desain dengan warna-warni cerah
Belakangan ini para desainer sering menerapkan warna-warni yang cerah dalam satu desain grafis, misalnya warna kuning elektrik, hijau neon, biru cerah, dan spektrum warna yang cerah lainnya. Tren ini menggantikan tren desain dengan warna pastel yang sempat happening di tahun sebelumnya. Tren seperti ini juga sempat terjadi pada tahun 2010 setelah sebelumnya juga terjadi tren desain dengan warna pastel.

7. Ilustrasi Tangan
Ilustrasi tangan yang telah dikembangkan secara digital merupakan tren yang baik untuk Anda agar dapat memunculkan konten yang menonjol dan khas. Tools yang digunakan mungkin sama, namun goresan tangan langsung akan menimbulkan karakteristik yang khas dan tidak sama dengan brand lain. Hal inilah yang dapat membuat brand Anda memiliki engagement yang unggul dibanding dengan brand lainnya.

7 Keuntungan yang Didapatkan Ketika Kamu Menjadi Desainer Grafis
Blog Design Informasi Software

7 Keuntungan yang Didapatkan Ketika Kamu Menjadi Desainer Grafis

Pekerjaan menjadi desainer grafis sekarang memiliki peminat yang semakin banyak, karena banyaknya juga lapangan pekerjaan dan penggunaan desain grafis dalam untuk konten media-media besar. Menjadi desainer grafis juga memberikan peluang yang baik terutama bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang desain kreatif. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi desainer grafis.

1. Mendapatkan kebebasan berekspresi
Sebagai seorang desainer yang memiliki banyak ide di kepala, kamu bisa bekerja secara ekspresif melalui desain kamu. Asalkan desain kamu memiliki pesan yang mengena kepada khalayak, kamu bisa menggaet pihak-pihak yang menyenangi desain unik kamu. Melalui desain ekspresif kamu, adalah kesempatan yang baik untuk mempublikasikan keunikan karakter desain kamu.

2. Belajar skill dan teknik desain baru
Dunia desain grafis selalu mengalami kemajuan dan software yang digunakan pun selalu upgrade sehingga selalu ada hal baru yang bisa kamu pelajari dengan menjadi desainer grafis. Ada banyak tools dan teknik baru yang bisa kamu pelajari seiring kemajuan dunia desain grafis. Dengan itu, kamu bisa selalu upgrade skill.

3. Kesempatan bekerja sama dengan perusahaan besar
Seorang desainer grafis selalu dibutuhkan untuk mendesain konten digital dalam rangka promosi perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan agen judi bola, jika kamu menjadi desainer grafis, kesempatan untuk bekerja dengan perusahaan dapat terbuka dengan lebar. Tentunya dengan diiringi skill dan portfolio yang mumpuni.

4. Bisa menjadi freelancer
Bekerja menjadi desainer grafis memungkinkan kamu untuk bekerja secara freelance atau bekerja secara remote (tidak harus datang ke kantor). Selama ada perangkat desain dan aksesnya, kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu di mana saja. Bisa di working space atau coffe shop.

Bisa menjadi freelancer

5. Selalu update dengan tren desain terbaru
Seperti halnya teknik dan tools desain yang selalu berkembang, tren desain juga selalu berkembang. Menjadi desainer grafis yang dikelilingi oleh lingkungan profesional antar sesama desainer grafis, kamu bisa selalu update dengan tren desain terbaru, terutama karena kamu akan melayani permintaan klien tentang suatu desain. Dari situ kamu bisa mengetahui tren desain seperti apa yang sedang happening.

6. Kesempatan menghadiri seminar bonafit
Menjadi desainer grafis memberikan kamu posisi sebagai brand representative sebuah perusahaan. Hal itu membuat kamu mendapat kesempatan untuk menghadiri seminar-seminar yang diberikan kepada orang-orang tertentu saja. Dengan mendapat kesempatan itu, tentu menyenangkan karena kamu bisa mendapatkan skill baru.

7. Kesempatan bertemu dengan desainer-desainer baru
Skill yang kamu miliki memberikan kamu kesempatan bertemu dengan orang-orang yang memiliki skill dan ketertarikan yang sama. Dengan hal ini kamu bahkan bisa bertukar ide dan sharing pengalaman sebagai seorang desainer grafis sehingga pengetahuan kamu semakin kaya.

7 Aplikasi Desain Grafis Khusus Smartphone yang Populer Tahun 2019
Blog Design Informasi Software

7 Aplikasi Desain Grafis Khusus Smartphone yang Populer Tahun 2019

7 Aplikasi Desain Grafis Khusus Smartphone yang Populer Tahun 2019 – Semakin hari semakin banyak konten di media sosial yang diolah menjadi grafis amat bagus dan menarik. Kemajuan zaman yang serba digital juga membuat banyak konten yang memuat informasi diolah ke dalam bentuk grafis untuk meraih audiens yang lebih banyak. Misalnya saja konten iklan, konten video di YouTube pun lebih banyak menarik perhatian dibandingkan dengan konten iklan yang tanpa sentuhan grafis. Kamu suka mendesain grafis juga? Inilah aplikasi desain grafis terpopuler di tahun 2019 yang bisa kamu install.

1. Canva
Canva adalah aplikasi desain grafis terpopuler dan mudah sekali digunakan. Aplikasi ini cocok untuk membuat poster atau logo dengan beragam pilihan template yang bisa kamu custom sesuai selera, sehingga desain kamu menjadi lebih orisinil dan unik. Kamu juga bisa mengedit foto dengan fitur yang membuat editan kamu seperti hasil kerja profesional.

2. Adobe Illustrator Draw
Untuk kamu yang menyukai desain berkarakter interaktif, aplikasi Adobe Illustrator Draw cocok untukmu. Fitur yang ada pada aplikasi ini cocok untuk membuat desain interaktif yang bisa kamu buat secara manual, sehingga kamu bisa lebih mengeksplor kreativitas dalam desainmu. Fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah beragam pena dan drawing layer.

3. Desygners
Aplikasi ini memiliki banyak template yang bisa kamu gunakan secara gratis. Dengan adanya template ini, proses desain dan editing kamu bisa lebih mudah dan hasilnya menarik. Kamu juga bisa membuat desain banner, poster, header, bahkan logo dengan aplikasi ini di handphone kamu. Namun untuk menikmati fitur ini, kamu harus berlangganan terlebih dahulu.

4. Posters
Posters adalah aplikasi desain grafis yang bisa digunakan secara offline. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendesain stiker dan gambar format gif yang lucu. Aplikasi ini cocok untuk membuat poster dengan template yang kekinian.

5. Adobe Photoshop Express
Aplikasi besutan Adobe ini mirip dengan versi pc-nya, ada fitur noise remover, perspective correction, berbagai filter ciamik, dan masih banyak lagi fitur unik lainnya yang bisa membuat desain kamu semakin menarik dan maksimal editingnya.

6. Invitation Card Maker
Jika kamu ingin membuat desain undangan sendiri, aplikasi ini cocok sekali buatmu. Terdapat beberapa template menarik yang cocok untuk desain undangan bridal shower hingga undangan formal. Terdapat sekitar seribu font dan foto yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi ini sehingga undangan kamu menjadi lebih eksploratif.

7. Sketchbook
Aplikasi ini cocok untuk kamu yang senang mendesain grafis secara manual. Kamu juga bisa menggambar melalui smartphone kamu dengan menggunakan aplikasi ini. Terdapat fitur layer dan pena berbagai model. Aplikasi ini terbilang simple namun memiliki fitur yang lengkap.

Facebooktwitterpinterestlinkedinmail